Private Practice

Memberikan pelayanan kesehatan dengan sepenuh hati dan berorientasikan mutu

 

 

Bagaimana Mencegah Agar Tidak Lupa

27 March 2013

Oleh karena penyebabnya berasal dari berbagai penyakit dan kondisi mental, maka secara umum kita membagi menjadi :

  1. Badan dan jiwa kita harus sehat, dengan menganut pola hidup sehat dan seimbang. Mengkonsumsi choline, asam amino yang ada pada telur, hati, ayam dan kedelai, dapat menjaga otak dan meningkatkan daya ingat. Penelitian terbaru menunjukkan, orang dengan konsumsi choline yang tinggi berhasil menyelesaikan tes daya ingat dengan lebih baik — walau diet kesehatan jangka panjang adalah kunci utama untuk menjaga fungsi otak yang baik, dengan sayuran hijau, buah beri, tomat, kacang dan kecambah adalah makanan yang baik untuk daya ingat.
  2. Ada kiat mengatasi lupa dengan :

L atihan

U langi

P erhatikan

A sosiasikan

Ini yang dikenal sebagai strategi memori sederhana. Ketika kita ingin mengingat hal baru, ulangi dengan keras. Contohnya jika kita baru diberitahu nama seseorang, panggil nama mereka ketika berbicara dengan orang tersebut.

  1. Melakukan kegiatan yang terjadwal dan menyimpan atau meletakkan barang seperti sistem “FILE”.
  2. Perlu melakukan kegiatan yang bersifat hiburan dengan kelompok atau lingkungan secara relaks, guna mengurangi stress.
  3. Membuat catatan setiap hari untuk kegiatan yang akan dilakukan.
  4. Melakukan aktivitas yang melatih otak antara lain : senam otak, teka-teki silang, Sudoku, permainan catur, bridge, monopoli dan lain-lain.
  5. Olahraga. Sebuah penelitian Cambridge University menyebutkan, latihan aerobik teratur seperti jogging dapat meningkatkan daya ingat dengan memicu pertumbuhan neuron baru di otak.
  6. Berpikiran positif. Menurut ahli kesehatan Harvard, stereotipe negatif tentang penuaan membuat daya ingat menurun. Jadi orang tua menghasilkan nilai tes daya ingat yang buruk ketika dihadapkan pada pernyataan pesimis tentang usia dan kekuatan otak — dan lebih baik ketika mendengar pesan untuk menjaga daya ingat tetap kuat hingga pensiun.
  7. Gunakan seluruh indera kita. Makin banyak indera yang kita gunakan ketika mengalami suatu kejadian, semakin mudah Anda mengingatnya nanti. Contoh, penciuman bisa secara cepat mengembalikan kenangan masa lalu.
  8. Tulis, jangan ketik. Jari Anda mungkin akan kikuk menggunakan alat tulis ketika sudah terbiasa mengetik, namun menulis dengan tangan dapat membuat otak memproses informasi dengan lebih baik. Jadi ketika belajar hal yang baru, tulislah.
  9. Meditasi.  Penelitian AS menunjukkan, pengobatan harian mempertebal bagian otak cerebral cortex, yang bertanggungjawab membuat keputusan, perhatian dan daya ingat.

 

Pengobatan :

Tidak ditujukan pada yang mengalami gangguan memori.

Tujuan dari pengobatan :

  1. Mempertahankan kualitas hidup
  2. Menghambat progresifitas penyakitnya
  3. Mengatasi penyakit lain yang menyertainya
  4. Membantu keluarga untuk menghadapi secara realistis dengan memberikan penjelasan serta perawatan secara tepat.

 

Ada 2 pendekatan dalam mengobati penderita:

Non farmakologis, yaitu tanpa obat-obatan :

  1. Menghilangkan situasi di lingkungannya dari hal-hal yang dapat menimbulkan stress.
  2. Membutuhkan pendamping untuk membantu dan menemani (care giver)
  3. Aktifitas yang bersifat berkelompok (group lansia, reuni) bersifat bermain dan memorable.

 

Farmakologis

  1. Pengobatan ditujukan pada penyakit yang dasarnya adalah : hipertensi, diabetes mellitus, kolesterol, penyakit jantung, ginjal, liver, dan paru.
  2. Untuk gangguan pada otak, obat-obatan yang mengandung acetyl chlonesterasse yaitu tacrin, donepenzyl, rivastigim, galantamine, memantine.

Obat-obatan ini sangat baik untuk awal demensia dan demensia akibat kelainan vascular. Bagi penderita Alzheimer berguna untuk menghambat progresifitas penyakitnya.

 

 

Jam Kerja

Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

Selasa s/d Jumat
Pagi: 09.00 - 12.00

Sore: 17.30 - 21.00

Sabtu
Pagi: 09.00 - 12.00

Pelayanan Penyakit Saraf (Neurology)

Senin s/d Jumat
Sore: 17.30 s/d 21.00 

 

Fisioterapi

Senin s/d Jumat
Sore: 17.00 - 20.00 

Sabtu
Pagi: 08.00 - 11.00

 

Pelayanan Laboratorium Klinik

Senin s/d Sabtu
Pagi: 07.00 - 11.00 

 

Twitter

 

Copyright © 2011 Private Practice. Powered by tobsite.com